Pemberdayaan Masyarakat Desa Dengan Pelatihan Berwirausaha

Written by Duram on August 16, 2020 in Ide Bisnis dengan modal rendah with no comments.

Satu kekurangan dari negara maju seperti contohnya negara Amerika yang berinvestasi di Indonesia. Dengan adanya investor asing seperti itu maka akan dapat menambah devisa negara. Selain itu wirausaha dapat mendorong meningkatnya sector pariwisata di Indonesia. Dari Komisi B DPRD Kabupaten Bantul, Setya, menyampaikan bahwa salah satu tujuan negara merdeka agar rakyat sejahtera. Namun, dengan beberapa studi komparasi yang dilakukan pada beberapa negara tetangga, negara ini masih harus bekerja keras untuk mensejahterakan rakyatnya. Untuk itu, beliau berharap ada tumbuh bibit-bibit pengusaha dari desa, yang dapat mengangkat kesejahteraan rakyat lebih baik lagi.

Program “Jagoan Bisnis” untuk mencetak ratusan anak muda di kabupaten setempat menjadi pengusaha muda. Saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengembangkan agar setiap daerah dapat mengembangkan lokapasarnya masing-masing. Hal itu untuk mengakomodasi pelaku UMKM yang kapasitas produksinya hanya cukup untuk suatu daerah tertentu dan dibeli oleh masyarakat wilayah tersebut.

Tujuannya agar ekonomi di desa semakin aktif dan dinamis, serta semakin banyak perempuan Indonesia terdorong untuk mandiri. Membangun mimpi untuk Indonesia yang sejahtera bersama, menjadi jembatan untuk kesetaraan ekonomi. Bagaimana tidak, pada awal usahanya ini, ia tidak langsung lantas jumawa dengan prestasinya memulai usaha. Di tahun-tahun berikutnya, Ibu fitri fokus menambah mesin untuk workshop miliknya. Sementara di tahun berikutnya, Ia membuka kursus jahit untuk warga sekitar, yang kemudian menjadi karyawan atau partner usahanya.

Sehingga para pelaku usahanya pun tidak butuh untuk menyewa tempat dalam membuka usaha jenis ini. Banyak para ibu-ibu di desa terkadang membuat suatu olahan masakan khas dari desa tersebut untuk di jual kepada para wisatawan lokal. Hal ini tentunya juga bisa menjadi sebuah peluang usaha makanan yang menguntungkan di desa dengan modal kecil. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk para masyarakat desa untuk mengembangkan usaha tersebut.

Kemudian untuk mengikat kerja sama, saya melakukan perjanjian dengan para UKM yang telah terseleksi. Cukup dengan usaha modal 1 juta saja kamu sudah bisa membangun bisnis desa asalkan memiliki ide yang cemerlang. Warkop Digital sejalan dengan program pemerintah Desa Digital dan Desa Wisata . Warkop Digital sebagai platform untuk memfasilitas untuk digitalisasi ekonomi masyarakat desa, menawarkan pemasaran produk unggulan desa, dan menciptakan tenaga kerja terampil.

Menjadi Pebisnis dari desa

Peluang usaha sampingan yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh ibu-ibu. Modal awal yang kecil juga tidak akan memberatkan Anda yang baru merintis usaha. Dijamin usahamu pasti akan laris dan selalu diserbu oleh warga desa. Mari kita simak profil kelima pengusaha sukses yang berhasil membangun desa berikut ini.

Berbekal keahlian hasil pelatihan, Siman memulai bisnisnya di tahun 2016 dengan modal pribadi untuk membiayai kebutuhan produksi dan gaji karyawan. Profesi mulia ini jangan sampai hilang dan punah dari bangsa kita. Sulit dibayangkan, entah apa jadinya Indonesia, jika sudah tidak ada satupun warga desa yang mau menggarap sawahnya untuk bertani. Terutama hasil dari pertanian padi, palawija, tembakau, tebu dan lain sebagainya.

Barista dan pelaku digital akan disebar di 8 ribu kelurahan, seventy four ribu lebih desa dari 34 provinsi hingga 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Setelah selesai diklat, warga desa telah menjadi SDM yang terampil di bidang e-commerce dan siap diberdayakan. Di sisi lain, tidak sedikit warga desa yang membutuhkan penghasilan namun tidak mau merantau ke kota. Penting bagi kita untuk menguasai ilmu manajemen persediaan barang dan juga keuangan. Kita harus melakukan pencatatan stok barang dan bahkan semua hal yang berkaitan dengan masalah pengeluaran dan pemasukan uang yang dilakukan.

Anda harus melakukan observasi terlebih dahulu sebelum menentukan bisnis apa yang cocok. Semisal desa tersebut penghasil buah yang besar maka Anda jangan berbisnis buah mentah saja. Cari bisnis yang bukan buah secara mentah tapi buatlah sebuah olahan buah yang kreatif. Sehingga apa yang ada di desa akan tampak beda dengan apa yang Anda jual jika sudah diolah. Jika Anda merupakan wirausahawan yang cerdas dan ahli, tempat bukanlah menjadi alasan untuk gagal bisnis. Seharusnya Anda harus melihat peluang yang ada di desa agar bisnis Anda bisa berjalan secara baik dan signifikan.

Comments are closed.